Sabtu, 14 Desember 2013

Global Warming



Global Warming “Pemanasan global”
Global warming atau pemanasan global terjadi  ketika meningkatnya suhu atmosfir, lautan dan daratan di bumi. Menurut Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia" melalui efek rumah kaca. Kesimpulan ini
setidaknya telah dikemukakan oleh 30 badan ilmiah dan akademik. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut. Namun fakta di lapangan tidak bisa di pungkiri, pemanasan global yang semakin lama semakin membawa  keburukan bagi bumi  di sebab kan oleh aktivis manusia. Mulai dari asap kendaraan bermotor, konstruksi pabrik, penebangan secara global, berkurangnya penghijauan tatanan alam, asap roko, bahan-bahan yang menjadi sampah hingga sulit untuk terurai oleh alam, dan masih banyak lagi, adalah factor berkurangnya kesehatan bumi ini. Ada banyak tindakan yang dilakukan oleh manusia tanpa menyadari bahwa yang dilakukan tersebut sebenarnya membahayakan bumi, kebanyakan dari manusia hanya memikirkan keuntungan yang sesaat namun tidak memikirkan kerugian yang dapat ditimbulkan dalam jangka waktu yang panjang, padahal alam bukanlah persoalan bagi pemerintah/orang-orang yang melestarikannya melainkan persoalan bagi seluruh umat manusia, dan semua masyarakat harus berperan aktif untuk senantiasa menjaga bumi ini, kalo bukan kita siapa lagi???.

Menaiknya suhu secara global (global warming) juga diperkirakan akan menimbulkan perubahan yang lain seperti halnya menyebabkan cuaca yang ekstrem dan menaikkan tinggi permukaan air laut, hilangnya gletser. Selain itu, pengaruh yang lain juga bisa di lihat dengan punahnya berbagai macam hewan.



Anomali suhu permukaan rata-rata selama periode 1995 sampai 2004 dengan dibandingkan pada suhu rata-rata dari 1940 sampai 1980. Dan akan terus meningkat hingga segalanya lenyap.
Apakah ini yang akan kita wariskan kepada anak cucu kita???.
 Apakah ini yang akan di alami oleh anak cucu kita???
Ingatlah, perubahan dan tanggung jawab bumi ini ada di tangan manusia bukan hanya sebelah pihak melainkan semua pihak yang masih merasa tinggal dengan satu nyawa, satu jasad dan satu kehidupan untuk yang lebih baik, karena kalo bukan kita siapa lagi???.

Demikian artikel dari saya, semoga  dapat bermanffat dan menjadi sebagian acuan untuk terus berbuat lebih baik terhadap lingkungan kita.sekian dan terimakasih untuk kunjungannya. Wasalam.
Sumber: Wikipedia, google, dan Unair.

http://www.berkahherbal.com

Tidak ada komentar: