Kamis, 19 Desember 2013

Apa Itu Polusi



           Pengertian serta bagian dari polusi.

Secara tidak langsung polusi adalah sebuah kata yang langka untuk di perbincangkan. Tapi, taukah anda apa yang di sebut dengan polusi??? Lantas apa kita harus faham betul pentingnya menjaga tempat sekitar dari polusi??

Ø  Menurut book of  Wikipedia polusi atau Pencemaran adalah masuk atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi dan/ atau komponen lain ke dalam air atau udara. Pencemaran juga bisa berarti berubahnya tatanan (komposisi) air atau udara oleh kegiatan manusia dan proses alam, sehingga kualitas air/ udara menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai dengan peruntukkannya.
Ø  Menurut  para ahli Polusi adalah hasil dari suatu zat-zat tertentu yang menyebabkan pencemaran terhadap lingkungan dalam  Jumlahnya melebihi jumlah normal/ambang batas.

Kalo menurut saya “polusi adalah pencemaran/ Penyebaran satu bentuk yang di hasilkan dari sisa-sisa reproduksi olahan tertentu yang dapat merugikan manusia maupun bumi”.
Satu lagi:

Ø   Polusi atau pencemaran menurut  UU Republik Indonesia nomor 23 tahun 1997 adalah masuk atau di masukkannya zat, energi, makhluk hidup dan atau komponen lain kedalam suatu lingkungan yang dilakukan oleh manusia sehingga kualitas dari lingkungan tersebut turun sampai pada tingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan tidak bisa digunakan untuk yang seharusnya.

Selain diartikan demikian, polusi atau pencemaran juga bisa diartikan sebagai perubahan komposisi dari zat (air, udara, tanah dan lingkungan) sehingga kualitas dari zat tersebut menjadi berkurang atau tidak bisa lagi diperuntukan sesuai fungsinya.

Mungkin diantara kalian hanya dapat menjawab dengan cekatan bahwa “polusi hanya pencemaran saja”.
Tapi taukah anda bagaimna polusi itu dapat menjadi sesuatu hal yang sangat berbahaya, entah itu untuk manusia,hewan atau bumi. Polusi itu ibaratkan seperti virus computer yang bersarang dan merambat pada setiap tempat dengan tujuan meruksak.

Ada tiga bagian yang saya fahami dalam kata polusi,
1.Bersifat Kimiawi
 Adalah bahan senyawa yang kosentrasinya sangat tinggi sehingga mampu menjadi sumber pemicu terjadi gangguan keseimbangan alam. Diantaranya: Karbon dioksida (CO2) , Karbon monoksida (CO), Nitrogen dioksida (N02).

2. Fisik
Berupa bentuk wujud yang terlihat dan dapat di rasa.bersifat keterlambatan dalam penguraiannya. Diantaranya : plastic, cairan limbah pabrik, asap dari sisa-sisa pabrik, dan/ atau kendaraan bermotor, almunium,dan sisa limbah dari reruntuhan bangunan.

3. Sosial budaya
Berupa perilaku,sikap, atau kebiasaan yang dapat merugikan bahkan meruksak lingkungan karena kurangnya pemahaman dan dorongan kebutuhan yang bersifat “harus”. Diantaranya: penumpukan sampah non organic, pemakaian bahan kimia terhadap tanaman dari mulai penyiraman, penyemprotan sampai penanaman.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat.
Salam sehat, salam organic. Wasalam


Tidak ada komentar: